Alienware M17x, Ini Notebook atau PC



Alienware M17x (inet)

Jakarta – Alienware M17x merupakan notebook besutan Dell yang memang dirancang untuk memenuhi hasrat para gamer. Karena untuk bermain game, jadi tidak heran jika spesifikasi yang diberikan tergolong ‘perkasa’.

Dimotori oleh Intel Extreme Quad Core Q9000, M17x juga dilengkapi dengan Memory DDR3 4GB, kartu grafis Geforce GTX 260M dan sistem operasi Windows 7 Home Premium versi 64bit. Selain itu, kapasitas hardisk 1 TeraByte (TB) pada notebook ini juga dimaksimalkan dengan modus RAID 0.

Dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, Alienware M17x yang diterima detikINET sedikit berbeda dengan konfigurasi dari negeri asalnya. Perbedaan mencolok terdapat pada kartu grafis yang digunakan (GTX 260M). Versi lain notebook ini menggunakan Geforce GTX 280M dengan Scalable Link Interface (SLI).

Tampilan yang Menawan

Sebagai notebook kelas kakap, Alienware M17x memiliki penampilan yang sangat menarik. Mulai dari desain tampilan hingga bahan casing yang digunakan.

Desain keyboard yang digunakan, misalnya, tampak cukup lega untuk gamer dengan jari besar. Adanya keypad numerik juga membuat penggunaan notebook ini serasa memakai komputer desktop.

Ventilasi M17x juga tertata dengan rapih. Panas yang ditimbulkan akan menyembur keluar secara sempurna pada bagian belakang dan sampingnya. Alhasil, notebook akan tetap terasa adem meski dimainkan secara nonstop.

Satu fitur yang cukup unik adalah pengaturan warna-warna lampu indikator yang ada di notebook. Semua lampu, mulai dari penerang tombol fungsi, touchpad hingga logo Alienware bisa diubah warnanya sesuai selera pengguna.

Kemudian, M17x memiliki dua speaker di bagian depan. Walhasil, suaranya pun terdengar sangat lantang dan jernih. Bahkan ini merupakan notebook dengan suara paling keras yang pernah dijajal detikINET.

Alienware M17x menggunakan casing yang terbuat dari bahan aluminium, sehingga keseluruhan ‘body’ pada notebook ini tampak kokoh nan kuat. Namun jangan salah, hal tersebut juga berimbas pada bobot notebook ini yang terbilang sangat berat.

Meski Hebat Namun Belum Cukup

Kualitas gambar yang disajikan pun tak kalah hebat. Dengan bentang layar 17 inchi, notebook ini mampu menampilkan gambar hingga resolusi 1900 X 1200 pixel, sehingga gambar akan tampil dengan cemerlang.

Namun, ada yang sedikit mengecewakan pada layar yang digunakan. Penggunaan pada ruang yang terang, dengan posisi sumber cahaya di belakang pengguna, akan sangat mengesalkan. Ini karena pantulan sinar terlihat jelas di layar, terkadang bagaikan melihat permukaan sebuah cermin.

Untuk ukuran sebuah notebook, Alienware M17x mempunyai Performa yang sangat hebat. Entah itu ketika digunakan untuk melakukan olah gambar ataupun memainkan game kelas berat.

Untuk membuktikan ketangguhannya, detikINET coba memainkan game Resident Evil 5 pada notebook ini. Ketika dijajal pada resolusi 1280 X 720 dengan detail tinggi, notebook ini berhasil melewatinya dengan mulus.

Namun lain halnya ketika dimainkan pada resolusi yang lebih tinggi. Gejala turunnya Frame per Second (FPS) mulai terlihat pada resolusi 1900 X 1200. Meski tidak terjadi penurunan yang signifikan, namun hal tersebut sangatlah mengganggu, terlebih lagi jika terjadi waktu adegan yang seru.

Ini Notebook atau PC?

Kalimat yang terlontar ketika pengguna awam melihat notebook ini mungkin adalah “Ini Notebook atau PC?”. Cukup beralasan, mengingat tidak hanya berperforma tinggi melainkan juga memiliki ukuran yang terbilang bongsor.

Alienware M17x juga tidak memiliki nilai mobilitas layaknya notebook pada umumnya. Selain dari ukuran dan bobotnya, perangkat ini praktis tak bisa digunakan untuk bermain game apabila hanya mengandalkan baterai.

Meski berkasitas cukup besar –9 cell– namun baterai itu belum mencukupi untuk menunjang pasokan daya kartu grafis GTX 260M. Alhasil, ketika sedang menggunakan baterai, notebook ini akan secara otomatis beralih pada kartu grafis onboard yaitu Geforce 9400.

Seperti apa bedanya? Hasil uji benchmark dengan 3DMark 2006 menunjukkan kisaran skor 3.000 pada saat mengunakan baterai. Namun saat dicolokkan ke sumber listrik, angkanya melambung tinggi hingga kisaran skor 10.000.

Dengan kata lain, jika ingin bermain dengan nyaman, jangan melepaskan charger dari lubang adapter yang disediakan. Tambah merepotkan memang, terlebih adapter Alienware M17x juga memiliki ukuran yang sangat besar dan berat.

Alienware M17x merupakan debut pertama Dell di kacah indusri laptop gaming di Indonesia. Meski harga yang dibandrol tinggi, yakni berkisar USD 3299, notebook ini tidak akan luput dari perhatian para penggemar setia Alienware.

Kelebihan:
+ Performa Baik
+ Kualitas bahan yang kokoh
+ Desain menarik

Kekurangan:
– Layar memantulkan cahaya
– Mobilitas terganggu adaptor
– Berat

http://www.detikinet.com/read/2010/01/25/115957/1285381/406/alienware-m17x-ini-notebook-atau-pc

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 25 January 2010, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: