NFS Shift, Ketika Seri NFS Banting Setir



Screenshot NFS Shift (eno/inet)

Jakarta – Need For Speed (NFS) memang digemari karena sistem permainannya yang unik. Dalam game ini pemain dapat bebas mengekspresikan dirinya ke dalam ajang tarung balap liar.

Mulai dari modifikasi, perjudian, balapan jalanan yang berujung pada pengejaran polisi, hingga dibumbui banyak wanita seksi yang menggoda. Semua itu memang merupakan sebagian fitur seri NFS semenjak hadirnya NFS Underground.

Kejayaan seri tersebut pun tidak berlangsung lama, lambat laun nama NFS mulai terdengar kurang baik di kalangan gamer. Gara-garanya, kualitas sistem permainan seri itu dianggap menurun.

Melalui NFS SHIFT, EA coba mengobati luka tersebut dengan melahirkan seri baru NFS. Tidak seperti sebelumnya, kali ini game NFS banting setir.

Banting Setir

Melalui NFS ShIFT, EA benar-benar melakukan perombakan besar. Mulai dari segi grafis, hingga sistim permainan yang sama sekali berbeda dengan seri terdahulunya. Lalu apa yang diandalkan?

Jelas sekali dalam game yang kini digarap oleh Slightly Mad Studios, secara tidak langsung banyak berkiblat pada kesuksesan game-game balap keluaran studio Codemaster. Mulai dari sistim kendali hingga Artificial intelligence (AI) yang dimilikinya mau tidak mau mengingatkan detikINET pada jajaran game Codemaster.

Ajang balap liar atau sekedar jalan-jalan di perkotaan tidak akan dijumpai dalam NFS SHIFT. Dalam game ini pemain hanya akan melakoni serentetan balap yang sangat terorganisir dan tertata rapih yang dilakukan di sirkuit atau arena tertutup.

Pemain tidak lagi diperbolehkan mengemudi dengan ‘gaya supir angkot’. EA nampaknya lebih menekankan untuk mengemudi di ‘jalur yang benar’.

Agar ‘patuh’, pemain dipermudah dengan adanya marka jalan di setiap lintasan yang sedang dijalani. Pemain cukup mengikuti marka tersebut dan akan mendapatkan reward tertentu atas kesuksesannya.

Meski demikian, pemain juga dapat sedikit nakal dengan menjatuhkan musuhnya. Untuk melakukan hal tersebut tidak sulit, pemain hanya perlu menyerempet kendaraan lawannya pada tikungan tertentu. Tenang, gaya ugal-ugalan juga dapat reward kok.

Sayangnya meski detail kerusakan terhadap kendaraan cukup baik, hal tersebut tidak berdampak signifikan terhadap performa kendaraan. Sehingga berkendara dengan mobil yang relatif ringsek tak jauh beda dengan berkendara dengan mobil yang masih mulus.

Grafis dan Sistem Suara

Perombakan terbesar dapat pemain rasakan ketika melihat game ini. Yep, NFS SHIFT mempunyai kualitas grafis yang luar biasa lebih hebat dari sebelumnya. Setiap mobil dalam game ini mendapatkan sentuhan yang baik dari pengembangnya, terlihat sangat solid dan berkarakter.

Namun sedikit disayangkan detail serupa tidak diterapkan dalam area balap. Walau seisi stadion terlihat begitu detail, namun aspal yang diinjak justru nampak mulus, halus dan tak bertekstur bagaikan balapan di atas lantai dansa.

Untuk urusan suara, sepertinya Slightly Mad Studios menggarapnya dengan sangat baik. Derungan knalpot yang keluar, cukup hebat untuk menggetarkan seisi ruangan. Apalagi, jika didukung dengan kartu suara serta speaker yang mumpuni.

Untuk lebih meningkatkan kualitas, suara yang terdengar pun akan disesuaikan dengan posisi pemain. Misalnya, ketika sedang berada dalam sebuah terowongan, maka suara yang keluar akan bergema dan cenderung lebih keras.

Begitupun ketika pemain mengubah sudut pandang, suara yang terdengar akan berbeda antara ketika sedang dalam sudut pandang kokpit dengan sudut pandang orang ketiga. Memang bukan suatu hal yang baru dalam dunia game balap, namun cukup memberikan nilai tersendiri untuk NFS SHIFT.

Modifikasi dan Tuning

Walau meberikan beberapa perubahan besar, namun EA tetap mempertahankan bahkan dapat dikatakan meningkatkan kembali sistim modifikasi dan tuning kendaraan.

Seperti pada seri sebelumnya, di sini pemain dapat leluasa merombak seluruh tampilan kendaraan. Mulai dari ‘kosmetik’ mobil hingga meningkatkan kecepatan mesin kendaraan. Spare part yang dapat digunakan pun cukup lengkap, mulai dari velg dari berbagai merek hingga body kit siap digunakan.

Untuk masalah tuning mesin dan sistem kendali, NFS SHIFT tergolong sangat lengkap. Namun sayang, ketika detikINET menjajal game ini sistem kendali yang digunakan serasa kurang presisi, sehingga diperlukan beberapa pengaturan pada menu Adjust Control yang dimilikinya.

Secara keseluruhan, game yang sudah memiliki banyak penggemar setia ini. Menawarkan cara baru bermain dari varian NFS terhadulu. Slightly Mad Studios boleh dibilang sukses menghadirkan sebuah sistem permainan baru dalam NFS.

Lalu apa ini akan menjadikan NFS SHIFT sebagai game terbaik dij ajaran seri NFS? Tentunya hal tersebut hanya dapat dijawab oleh para gamer.

Kelebihan:
+ Grafis cukup detail
+ Kualitas suara mengagumkan
+ Makin banyaknya pilihan untuk tuning kendaraan
+ AI cukup pintar

Kekurangan:
– Kendali masih perlu disesuaikan
– Efek kehancuran tidak berdampak signifikan terhadap performa mobil

Dalam mereview game ini, detikINET menggunakan sistem berbasis Prosesor Intel Core i7 965, Intel DX580SO, Digital Alliance GTX 260, Corsair HX1000W, Corsair Dominator 6GB kit dan sistem operasi Windows 7.

http://www.detikinet.com/read/2009/10/16/113357/1222649/655/nfs-shift-ketika-seri-nfs-banting-setir

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 16 October 2009, in Games. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: