2010, Gadget Bisa Saling ‘Bicara’ Langsung


Jakarta – Tak lama lagi, berbagai perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, televisi dan DVD player dapat ‘bicara’ alias terhubung satu sama lain secara langsung dengan teknologi baru Wi-Fi.

Teknologi bernama Wi-Fi Direct ini dikembangkan oleh Wi-Fi Alliance, sebuah aliansi yang beranggotakan Intel, Cisco dan Apple. Dengan teknologi ini, berbagai perangkat elektronik dapat terhubung langsung satu sama lain.

Misalnya, jika pengguna ingin mentransfer foto dan musik dari komputer ke konsol game, tak perlu lagi menghubungkan kedua perangkat tersebut ke router Wi-Fi atau perangkat penghubung lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa memindahkan foto-foto kesayangan dari kamera, smartphone ke digital foto frame, TV atau printer.

Dalam mengembangkan teknologi ini, Alliance memang menerobos ke teritori Bluetooth, yang selama ini telah memungkinkan pengguna untuk memindahkan file antar perangkat secara langsung. Bahkan dinilai, bukan tak mungkin keberadaan Bluetooth terancam dengan adanya Wi Fi Direct.

Apalagi Wi-Fi Direct diklaim memiliki kecepatan yang lebih ngebut dan lebih mumpuni untuk memindahkan file dalam kapasitas besar.

Dikutip detikINET dari CBC, Kamis (15/10/2009), teknologi ini direncanakan akan menyambangi pasar pada pertengahan 2010. ( faw / fyk )

http://www.detikinet.com/read/2009/10/15/112151/1221917/317/2010-gadget-bisa-saling-bicara-langsung

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 15 October 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: