Bot Anak Betawi Pemberani



Foto: es/detikcom

<!–

–> Wassenaar – Bernard Rudolf Bot, populer disapa Ben Bot, adalah anak Betawi asli. Pada 15/8/2005 dalam pidato di depan parlemen dia melakukan langkah berani dan mendobrak tabu besar dengan menyatakan Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia 17/8/1945.

Dilahirkan di Batavia (Betawi) pada 21/11/1937, Bot adalah anak seorang ambtenaar, diplomat dan juga menteri kabinet di Nederlands-Indie (Hindia Belanda) Theo Bot.

Dalam pidato hari Senin (15/8/2005) di depan Tweede Kamer (parlemen Belanda) Menlu Bot menyampaikan rencana keputusannya dan mempertahankannya dalam debat bahwa pemerintah Belanda secara moral dan politik mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17/8/1945.

Pidato ini sempat menimbulkan guncangan di kalangan veteran Belanda, terutama KNIL. Namun Bot dengan pembawaannya yang tenang akhirnya berhasil meyakinkan organisasi-organisasi legiun veteran.

Pidato bersejarah Bot itu menjadi titik perubahan karakter hubungan bilateral Belanda-Indonesia. Anak Betawi ini dinilai berani mengambil risiko, yang belum pernah dilakukan oleh menteri kabinet manapun dari para pendahulunya.

Sebelumnya hubungan kedua negara masih dibayangi romantika kolonial di mana Belanda hanya mengakui Indonesia merdeka setelah soevereiniteitsoverdracht (penyerahan kedaulatan) 27/12/1949, yang diteken oleh Ratu Juliana.

Sukses memperoleh dukungan kuat dengan meyakinkan parlemen dan veteran, Bot menegaskan kebijakannya tersebut dengan secara fisik datang menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-60 di istana negara, Jakarta, pada 17/8/2005

Partij van de Arbeid/PvdA (Partai Buruh), Christen Democratisch Appel/CDA (Kristen Demokrat), Volkspartij voor de Vrijheid en Demodratie/VVD (Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi), GroenLinks dan Socialistische Partij/SP (Partai Sosialis) mendukung Bot dan berpendapat bahwa masalah hari kemerdekaan Indonesia sudah selesai dan selanjutnya Belanda akan ikut merayakan HUT RI pada 17 Agustus.

http://www.detiknews.com/read/2009/10/10/115345/1219025/10/bot-anak-betawi-pemberani?991102605

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 10 October 2009, in News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: