Kendaraan-kendaraan yang ‘Ramah Lingkungan’

Mobil

• Volkswagen E-Up!: Mobil listrik bisa berjalan sejauh 100 km dengan biaya sekitar 45 ribu perak

Spoiler for Volkswagen E-Up!:
Quote:

Volkswagen E-Up! adalah sebuah mobil listrik yang bisa berjalan sejauh 100 km hanya dengan mengeluarkan uang sekitar 3 Euro (sekitar Rp. 45.000) untuk biaya listrik di rumah pada saat isi ulang baterai mobil ini. VW E-Up! yang termasuk jenis City Car ini mempunyai berat sekitar 1.085 kg dan 530 kg di dalamnya adalah berat baterai Lithium dengan kapasitas 18 kWh. Untuk mengakali besarnya baterai yang ada, E-Up! mendisain baterainya di seluruh keliling bagian bodi mobil.

VW E-Up! bisa digenjot sampai 135 km dan butuh waktu sekitar 3,5 detik untuk mencapai kecepatan 0-100 km/ jam. Logo VW yang ada dibagian depan, ketika diangkat merupakan tempat untuk mengisi ulang baterai Lithium dimana posisi ini (di tengah) menjamin bahwa pengguna akan lebih mudah mengisi ulang baterai dibandingkan diletakkan di samping. Bagian atap E-Up! dipasang panel surya dengan luas 1,4 m2 dan bisa diperluas hingga 1,7 m2 dengan menurunkan penutup depan dan belakang yang juga menggunakan panel surya. Energi yang dihasilkan oleh panel surya ini akan disupply ke sistim elektrik yang ada di mobil ini. VW E-Up! rencananya akan mulai diproduksi pada tahun 2013.

• Peugeot BB1: Mobil listrik kecil yang terintegrasi dengan iPhone

Spoiler for Peugeot BB1:
Quote:

Sebagai mobil listrik, mobil ini mampu menempuh jarak sejauh 120 km dan mencapai kecepatan maksimum 90 km/ jam. BB1 juga dilengkapi dengan panel surya yang menyatu dengan bagian atap yang akan digunakan untuk mensuplai tenaga listrik untuk mobil ini. Selain bentuknya yang kecil dan lucu, hebatnya mobil ini juga iPhone Friendly dimana dengan meletakkan iPhone di bagian tengah stir maka sistim yang ada di mobil ini bisa berintegrasi dengan iPhone.

Melalui iPhone yang terintegrasi dengan BB1 entertainment system, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari mendengarkan musik sampai berinternet. Secara garis besar, apa yang bisa dilakukan iPhone berarti bisa dilakukan di mobil ini. Saat ini Peugeot BB1 sedang dipamerkan di pameran mobil di Frankurt Motor Show dan belum ada detil apakah mobil ini akan dijual atau tidak.

• Nissan Leaf: 100% menggunakan tenaga listrik dan harga yang menarik

Spoiler for Nissan Leaf:
Quote:

Nissan Leaf adalah sebuah mobil yang 100% menggunakan energi listrik sebagai bahan bakaranya berbeda dengan Prius dan Insight yang menggunakan mesin Hybrid. Leaf dapat berjalan sejauh 160 km dan mempunyai kecepatan maksimum sampai 140 km/ jam.

Yang menarik dari Nissan Leaf ini adalah tersedianya 2 buah pilihan dalam mengisi ulang baterai Lithium-Ion yang digunakan yaitu pengisian normal yang butuh waktu sekitar 8 jam dan satunya lagi, pengisian cepat (quick charge) yang hanya butuh waktu 30 menit saja. Untuk Quick Charge ini, pengisian selama 30 menit setidaknya dapat membuat mobil ini berjalan sejauh 50 km (sekitar 10 menit) dan ini tentu saja membantu kita dalam keadaan darurat.

Motor

• MotoCzysz E1pc: Motor superbike dengan tenaga listrik dan iPhone sebagai kontrolnya

Spoiler for MotoCzysz E1pc:
Quote:

MotoCzysz E1pc adalah motor balap dengan tenaga listrik yang akan melakukan debut pertamanya pada tanggal 12 Juni ini di Inggris dan akan diikuti oleh 3 motor listrik lainnya.

Sebagai motor listrik, E1pc dapat mencapai kecepatan sampai 192 km dalam waktu 7-8 detik saja dengan menggunakan tenaga dari 10 buah baterai. Yang menarik disini, pada bagian dashboardnya terdapat sebuah ponsel iPhone yang digunakan untuk mengontrol beberapa instrumen yang ada.

• Electric Police Trikes: Motor listrik untuk polisi di daerah padat atau macet

Spoiler for Electric Police Trikes:
Quote:

Kendaraan polisi tidak selalu harus selalu kencang tetapi juga harus lincah apalagi bila menghadapi jalanan yang macet seperti di Jakarta. Sebuah perusahaan di Las Vegas telah membuat sebuah motor listrik untuk polisi yang memang dikhususkan untuk daerah yang padat dan macet.

Kendaraan polisi ini mempunyai 3 roda, bodi dari alumunium dan menggunakan baterai Lithium-Ion untuk bahan bakarnya serta dilengkapi sirene seperti yang ada pada mobil patroli. Yang cukup mengagumkan disini adalah motor listrik ini dapat berjalan sampai dengan kecepatan 46,67 km/ jam (29 mph) serta dapat melompati rintangan dengan ketinggian sampai 20 cm. Motor listrik ini diharapkan bisa menggantikan posisi sepeda yang biasa digunakan oleh para polisi atau bahkan polisi yang bertugas dengan berjalan kaki.

• Mission One: Motor listrik tercepat di dunia sampai 241 km/ jam

Spoiler for Mission One:
Quote:

Dibuat oleh perusahaan bernama Mission Motors, Mission One mampu mencapai kecepatan maksimum sampai 150 mil per jam (241 km/ jam).

Dengan menggunakan baterai Lithium Ion, Mission One dapat berjalan sejauh 150 mil (241 km) dengan sekali isi ulang dengan waktu pengisian kurang dari 1 jam. Sudah pasti, ini pasti motor idaman, bentuknya lumayan asik, ramah lingkungan dan tidak berisik.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2491180

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 29 September 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: