Perbaiki Celah, Google ‘Baik’ Sama Microsoft



Google Chrome Frame (ist)

JakartaBrowser Internet Explorer (IE) milik Microsoft mungkin kurang disukai karena beberapa alasan. Salah satunya karena tak adanya dukungan untuk format HTML 5–sementara browser lain seperti Safari, Firefox dan Chrome sudah mendukung fitur tersebut.

Hal ini yang menyebabkan Google membuat sebuah plugin yang dapat berjalan pada IE. Plugin bernama Google Chrome Frame ini, selain dapat memberikan dukungan HTML 5 juga diklaim dapat meningkatkan performa browser besutan Microsoft tersebut.

“Kini kita meluncurkan versi awal dari Google Chrome Frame, sebuah plugin open source yang berbasis HTML5 dan beberapa web teknologi lain bagi IE,” sebut software engineers Google Amit Joshi dan Alex Russell, seperti detikINET kutip dari Softpedia, Kamis (24/9/2009).

Pernyataan ini juga sejalan dengan yang dikatakan Mike Smith, Product Manager Google Chrome. Namun di satu sisi, ‘kebaikan’ yang dilakukan Google juga punya maksud tertentu. “Kita membangun Google Chrome Frame untuk membantu pihak pengembang (yang juga menggunakan IE) agar lebih mudah dan cepat mengembangkan aplikasi seperti Google Wave,” ujarnya.

Sebelumnya Internet Explorer 6, 7, dan 8 memang belum mendukung format HTML 5. Alhasil, performa JavaScript dari IE terasa kalah cepat dibanding browser lainnya. Namun dengan Google Chrome Frame, kini pengguna dapat menjalankan Chrome dalam Internet Explorer dengan Webkit rendering engine, serta V8 JavaScript engine milik Google.

Dengan demikian hal tersebut membuat perbedaan signifikan bagi pengguna, khususnya dalam menjalankan aplikasi JavaScript yang berat, seperti pada produk-produk Google. Walau awalnya dirancang untuk IE 6, namun plugin ‘penolong IE’ ini juga terdapat pada semua versi IE.

Google Chrome Frame bagi IE ini dapat diunduh pada link berikut ini. ( eno / rou )

http://www.detikinet.com/read/2009/09/24/112134/1208419/398/perbaiki-celah-google-baik-sama-microsoft

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 24 September 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: