Taizo, Robot Pelatih Para Lansia



Taizou(Engadget)

Jakarta – Robot humanoid yang diciptakan untuk melatih para lansia telah lahir melalui tangan para ahli dari National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST).

Taizo nama robot ini. Namanya diambil dari kata “taisou” yang berarti “calisthenics” atau gerak badan. Dengan 26 engsel di tubuh robot yang berbalut beludru, Taizo bisa melakukan sekitar 30 gerakan. Gerakan-gerakan inilah yang dipakai Taizo untuk mengajari para lansia melakukan latihan fisik.

Latihan fisik ini tentunya berguna bagi para kalangan lansia yang umumnya pergerakan mereka sudah banyak berkurang. Untuk menarik greget para lansia, Taizopun memiliki design yang cukup menarik. Senyum lebar terpampang di wajahnya dengan hidung, mata dan kepala yang nyaris bulat menggemaskan.

Taizo, meski sebagin besar melakukan gerakannya sembari duduk, namun bisa juga berdiri untuk beberapa gerakan. Robot ini bisa beraksi selama 2 jam dalam sekali charge.

Urusan bahasa? Tenang saja, Taizo sudah menguasai kemampuan dasar berbahasa, jadi ia bisa mengerti perintah-perintah sederhana.

Dilansir detikINET dari Pinktentacle, Senin (14/9/2009), rencananya, robot bertinggi badan 70cm dan berbobot 7kg ini akan dijual dan disewakan oleh pengembangnya tahun depan dengan harga 800.000 yen. ( sha / faw )

http://www.detikinet.com/read/2009/09/14/140423/1203145/511/taizo-robot-pelatih-para-lansia

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 14 September 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: