Rp 200 Miliar ‘Bungkam’ Adegan Seks dalam Game



Artwork GTA: San Andreas (rockstargames)

Jakarta – Insiden adegan seks dalam game Grand Theft Auto: San Andreas telah menimbulkan banyak kontroversi. Salah satunya melibatkan gugatan class-action yang akhirnya ‘dibungkam’ dengan dana Rp 200 miliar.

Grand Thef Auto: San Andreas, terbitan Take Two Interactive, mengundang kontroversi saat ketahuan mengandung adegan seks. Adegan yang disembunyikan itu bisa dimunculkan dengan sebuah piranti kecil bernama ‘Hot Coffee’.

Akibat adegan itu Take Two diterpa banyak kontroversi. Termasuk salah satunya, pada tahun 2006, sebuah gugatan class-action menghubungkan insiden Hot Coffee dengan penipuan saham.

Gugatan inilah yang, seperti dikutip detikINET dari Kotaku, Selasa (8/9/2009), telah ‘dibungkam’ alias diselesaikan di luar pengadilan. Dana sebesar USD 20 juta atau sekitar Rp 200 miliar pun dikucurkan untuk menyelesaikan perkara ini.

Tapi, apa hubungan Hot Coffee dengan penipuan saham? Mari kita urai satu per satu:

Pada periode peluncuran Grand Thef Auto: San Andreas (GTA:SA), Take Two disebut sedang dalam kondisi finansial yang buruk. Jika game GTA tidak segera meluncur maka Take Two bisa makin hancur.

Oleh karena itu Take Two pun meluncurkan GTA:SA ke publik. Tindakan ini kemudian menggelembungkan nilai saham perusahaan itu.

Pada 2005, terungkap bahwa GTA:SA mengandung adegan seks yang tersembunyi. Adegan itu bisa dibuka dengan menggunakan piranti lunak khusus bernama Hot Coffee. Setelah adegan seks itu terungkap, saham Take Two pun merosot.

Menurut gugatan itu, Take Two mengetahui adanya adegan seks di dalam GTA:SA namun membiarkannya karena tak mau menunda peluncuran GTA:SA. Perusahaan itu pun disebut berbohong karena sempat mengatakan bahwa adegan seks itu adalah hasil karya iseng komunitas bawah tanah.

Lebih lanjut, eksekutif Take Two disebut berhasil meraup keuntungan besar dengan menjual saham Take Two saat nilainya menggelembung. Padahal tak lama kemudian saham Take Two merosot akibat insiden Hot Coffee.

Kasus gugatan class-action yang berhasil diselesaikan ini berbeda dengan kasus gugatan class-action dari sisi konsumen yang diajukan pada 2005. ( wsh / wsh )

http://www.detikinet.com/read/2009/09/08/132347/1199082/654/rp-200-miliar-bungkam-adegan-seks-dalam-game

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 8 September 2009, in Games. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: