Posisi Tubuh Tegak Jaminan Orang Sukses

img
(Foto : Mikeblisset)

Jakarta, Angkatlah dagu, alis dan bahumu, meskipun Anda sedang dalam keadaan sedih, kalah atau pesimistis. Studi sudah membuktikan bahwa dengan hanya menegakkan postur tubuh, rasa optimistis pun akan segera muncul dan merubah suasana hati (mood) buruk Anda. Percayalah.

Studi yang dipimpin Simone Schnall dari University of Plymouth dan James Laird dari Clark University menyebutkan bahwa hanya dengan menegakkan postur tubuh rasa optimistis itu bisa naik ke permukaan.

Postur yang tegak bisa membantu menetralkan interpretasi, membawa rasa gembira dan menyingkirkan rasa sedih.

“Berdasarkan literatur, mengangkat dagu dan menarik bahu ke belakang bisa membuat seseorang merasa lebih baik, terutama dalam situasi bimbang, dan hal itu terbukti dalam studi ini,” ujar Paula Niedenthal, psikolog dari Universite Blaise Pascal, Perancis seperti dilansir Psychologytoday, Senin (7/9/2009).

Paula mengatakan bahwa mereka dengan dagu turun dan bahu melingkar ke dalam akan lebih sulit menerima informasi yang baik. “Jadi tegakkanlah badan ketika seseorang memuji Anda,” ujar Paula.

Para peneliti menemukan bahwa sistem saraflah yang menyebabkan hal itu terjadi. Adanya sensasi, fungsi motorik dan emosi yang saling terhubung adalah efek dari satu gerakan, yaitu tegak.

Semua koneksi itu menyebabkan efek yang saling berkaitan antara fisik dan emosi. Jadi ketika tubuh ditegakkan, saraf-saraf di bagian tubuh lainnya pun akan ikut tegak karena satu sama lain saling terhubung.

“Coba saja senyum, maka semua sistem saraf yang ada di wajah pun akan tertarik, lalu sistem saraf akan meneruskannya ke bagian tubuh lainnya, yang akan membuat segalanya menjadi lebih baik,” ujar Paula.

“Itulah mengapa orang-orang yang sukses selalu berjalan tegak dan jarang menunduk, itu karena mereka selalu optimistis dan selalu bisa bangkit dari semua masalah,” tambah Paula.

Jadi lain kali jika Anda merasa sedang bermasalah, stres atau kurang bersemangat, cukup tegakkan postur tubuh, angkat dagu dan bahu, lalu perhatikan apa yang terjadi selanjutnya.

http://health.detik.com/read/2009/09/07/160533/1198448/766/posisi-tubuh-tegak-jaminan-orang-sukses

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 8 September 2009, in Health. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: