Andrew Carnegie, Orang Kaya Yang Alergi/Jijik Terhadap Uang

Andrew Carnegie, salah seorang terkaya Amerika Serikat pada masanya, mengidap alergi psikologis terhadap uang segera setelah ia semakin kaya dan tua . Ia Merasa jijik melihat ataupun menyentuh uang, dan itu sebabnya kemanapun ia pergi tidak pernah membawa uang.
Karena”penyakit” ini suatu saat ia pernah diusir dari trem di London karena tidak membawa uang untuk membayar karcis…

The Philantrophist of Andrew Carnegie

Andrew Carnegie, dikenal sebagai Raja Baja, membangun industri baja di Amerika Serikat, dan dalam proses, menjadi salah satu pria terkaya di Amerika. Keberhasilannya sebagian karena kemampuannya menjual produk dan sebagiannya juga karena kebijakan pengembangan selama periode kemunduran ekonomi, ketika kebanyakan pesaingnya mengurangi penanaman modal mereka.

Carnegie percaya bahwa masing-masing orang hendaknya maju dengan kerja keras, tetapi dia juga merasa bahwa orang-orang kaya harus menggunakan kekayaan mereka untuk kesejahteraan masyarakat. Dia menolak memberi ikan (charity), sebaliknya memilih untuk memberikan kesempatan-kesempatan pendidikan (kail) yang akan mengizinkan orang lain untuk membantu diri mereka sendiri. Dia sering berkata, “Dia yang meninggal kaya, meninggal memalukan.”

Di antara kontribusinya yang penting bagi masyarakat yang menggunakan namanya, termasuk Carnegie Institute of Pittsburgh, yang memiliki sebuah perpustakaan, sebuah musium seni rupa, dan sebuah musium sejarah nasional.


Dia juga mendirikan sebuah sekolah teknik yang sekarang menjadi bagian dari Carnegie-Mellon University. Pemberian-pemberian philanthropic lainnya adalah Carnegie Endowment for International Peace untuk mempromosikan kesalingpengertian di antara bangsa-bangsa, Carnegie Institute of Washington untuk membiayai penelitian di bidang ilmu pengetahuan, dan Carnegie Hall yang berfungsi sebagai pusat kegiatan seni.


Sedikit sekali orang Amerika yang tak tersentuh oleh kemurahan hati Andrew Carnegie. Kontribusinya senilai lebih dari lima juta dolar telah membuahkan 2,500 perpustakaan di komunitas-komunitas kecil di seluruh Amerika Serikat yang menjadi cikal bakal sistem perpustakaan umum sebagai mana yang kita semua nikmati saat ini.




Carnegie Museum of Natural History
Carnegie Museum of Art
4400 Forbes Avenue
Pittsburgh, PA 15213

www.carnegiemuseums.org/
412.622.3131

————————————————————————–

Keadilan Versi Andrew Carnegie

Seorang penganut paham sosialis menemui Andrew Carnegie. Segera saja dia mengecam kekayaan yang dimiliki Andrew Carnegie, yang dia sebut sebagai salah satu bentuk dari ketidak-adilan. Menurut pahamnya, kekayaan itu harus dibagi sama rata.

Carnegie lalu minta sekretarisnya untuk menghitung kekayaannya. Sementara itu, Andrew Carnegie lalu mencari data angka jumlah penduduk dunia. Dia lalu menghitung-hitung di atas kertas lalu berkata pada sekretarisnya, “Berikan uang sebanyak 6 sen pada pria ini. Itulah bagian dia dari kekayaan saya.”

—————————————————————————-

Letter from Andrew Carnegie – April 26, 1898:

Andrew Carnegie Provides Grant of $210,000 to Build Andrew Carnegie Free Library
Carnegie, Pennsylvania

Spoiler for letter:

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2400773

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 8 September 2009, in Unique. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: