Fakta di bus Mayasari Bakti

Semua ini didapat dari perbincangan dengan kenek di patas Mayasari Bakti 34 Tangerang Blok M.
Ditulis sebagai bentuk simpati kepada Kenek2 dan supir2 yang mengalami kerasnya hidup.
Juga atas simpati kepada kurang baiknya wajah transportasi darat indonesia tercinta.

Hari ini TS tidak mendapat duduk seperti biasanya jika hendak ke kantor. Agar tidak mengantuk maka TS memulai perbincangan dengan kenek Mayasari Bakti. Dari hasil perbincagan tersebut ada hal2 menarik yang TS dapat. Karena TS tidak dapat mengingat detail perbincangan maka TS akan memberikan Poin2-nya saja.

1. tahukah anda faktor terbesar yang mempengaruhi dingin atau tidaknya AC di dalam bus AC adalah lantainya? Hal ini merupakan pernyataan kenek Mayasari Bakti, dan ini betul dan masuk akal. Bus yang tidak dingin dikarenakan lantai dari bus tersebut sudah bolong2, hal ini menyebabkan suhu panas dapat menembus kabin bus dan membuat pendinginan tidak efektif. Hal yang sama juga dapat disebabkan penutupan celah2 pada body bus yang tidak sempurna atau karena kerusakan, contohnya jendela sudah pecah diganti dengan triplek, karet2 sudah longgar dsb.
Jadi kalau mau cari bus yang AC-nya dingin cari yang bodynya masih bagus, jangan yang dah keriput kayak nenek2.

2. Bus baru tapi mesin lama, Nah lo. Kata si kenek rata2 bus yang baru atau lebih tepatnya terlihat baru menggunakan mesin lama. Jadi pemilik bus dapat memilih mengganti body tapi masih menggunakan mesin lama. Dan atas pernyataan si kenek, rata2 mesin lama pad body baru tersebut adalah berasal dari tahun 1994 – 1995.
*hal ini juga dilakukan operator bus lain yaitu Arimbi, dikatakan bahwa untuk trayek Merak – Bandung bus yang melayani Merak Tangerang masih menggunakan mesin lama.

3. Bus baru tapi mesin lama dan AC-nya AC lama, waduh. Sama seperti point 2 mungkin agar terlihat baru dan lebih menarik tetapi tetap minim biaya. Tapi kok bisa dingin AC-nya? Terjawab di point 1.

4. Ada sampah di atas kepala anda! Kenek bilang kalau saluran AC yang diatas penumpang ini dibuka akan ada banyak tissue didalam (mungkin juga barang lain). Hal ini terjadi karena penumpang memasukkan tissu untuk mengentikan aliran udara dingin ke arahnya. Hal ini dimaklumi karena ada saluran ac yang tak bertutup, atau tidak bisa ditutup.
Saran dari TS, hentikan menyumpal lubang AC dengan Tissu (atau yang lain) karena akan mengakibatkan kebocoran air AC di dalam bus (itu kata keneknya). Lebih baik sumpal saja dengan hordeng bus, atau bawa jaket.

5. Mayasari Bakti buka trayek Tangerang – Kp. Rambutan/Pulo gadung(kalo gak salah inget) ( via Tol BSD (tol yang mahal itu lho). Trayek ini mulai diminati dan digunakan banyak orang, karena waktu tempuh yang lebih singkat dari biasanya karena tol yang lebih sepi. Saingan utama dari Mayasari Bhakti di trayek ini adalah bus Agra.

6. Tangerang – Blok M, ada Mayasari dan Arimbi (maaf ppd tidak diperhitungkan). Dulu Arimbi (AJA) tidak memiliki trayek ini, hal ini dikarenakan invasi grup Mayasari ke jalur antar kota antar provinsi (AKAP) Arimbi. Contoh-nya trayek Kalideres Bandung yang dimasuki oleh Primajasa, dan trayek Tangerang Bandung yang juga disusupi Primajasa. Jadi menurut kenek (lagi) Arimbi melakukan pembalasan dengan menginvasi trayek mereka (Mayasari).

7. Pungli di Slipi bawah. Jika anda perhatikan di slipi bawah (dekat/seberang jakarta design centre) biasanya dipakai untuk ngetem bus. Disitu biasanya kenek akan memberikan sejumlah uang kepada seseorang di sana. Berdasar pernyataan si kenek di tempat itu mereka membayar untuk jatah oknum Polisi sebesar Rp 7.000/bus dan setip kali ngetem dipungut Rp 10.000/ngetem!
Kasihan kapan makmurnya supir sama kenek, dipalakin mulu. Wajarlah kalau mereka liar di jalan, nyari penumpang biar kantong gak keteteran.

8. Di jalan tol sering terjadi penilangan. Korban paling banyak adalah Truck. Uang suap yang diminta polisi untuk tilang paling kecil Rp 20.000 untuk mobil pribadi dan Rp 50.000 untuk bus dan truk. Itu kalo mereka gak rakus, kalo rakus ya bisa minta lebih.

9. oknum polisi licik! Sering jika mereka di tilang surat2 diambil tanpa memberikan surat tilang, contong menahan STNK bus tanpa memberi surat tilang. Jika lagi sial mereka diberhentikan polisi lain dan ditanya kelengkapannya, sudah pasti mereka tidak bisa. Walau memberitahu bahwa surat2 mereka ditahan oknum polisi hal itu sia2 karena tidak dipercaya dan sudah pasti bus akan ditahan/ dikandangin!
Mau ambil surat yang ditahan tanpa surat tilang? Inget2 nama Oknum yang minta…lalu datangi bersama uang anda!
Bus mau keluar kandan sudah pasti pakai duit! Kenek tidak tahu jumlahnya karena ada staf PO yang mengurusi.
Pengalaman Kenek saat mengunjungi kantor polisi, polisi memiliki mobil2 mewah. didalam mobil mewah tersebut, di atas jok-nya terdapat uang yang ditaruh begitu saja dalam jumlah yang begitu banyak. Hmmmmm….

10. PJR di jalan tol Tangerang Jakarta suka ngumpet. Mereka ngumpet bukan buat maen cilukba sama pengguna jalan tapi cari duit.

11. Kenek gak minta ongkos sama aparat(polisi). Aparat(polisi) ada yang menggunakan angkutan umum. Di P.AC. 34 polisi2 ini biasanya naik dari komdak menuju tangerang, mereka mengenakan jaket. saat kenek meminta ongkos mereka menurunkan resleting jaket dan menunjukkan seragam dibalik jaket tersebut, seolah itu adalah bahasa yang mengatakan “Saya aparan gak perlu bayar”.
Untuk kenek ini ia maklumi, tapi hal yang menyebalkan jika mereka naik dan berjumlah lebih dari 1 biasanya mereka akan dukuk berpencar. hal ini menggangu karena mereka tidak menggunakan sistim setoran, tetapi dihitung jumlah penumpangnya oleh checker. jika mereka duduk berpencar maka kenek sulit meyakinkan checker bahwa ada aparat di dalam (yang tidak bayar). Apalagi jika keadaan penuh, ditambah aparat tersebut memakai jaket dan tidak terlihat memakai seragam.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2399268

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 7 September 2009, in News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: