Konsol Game Apa yang Paling Rentan Rusak?


konsol (ist)

Jakarta – Tidak semua piranti teknologi yang kita miliki aman dari kerusakan. Nah, untuk urusan konsol video-game, kira-kira konsol apa yang paling rentan rusak dan sering dilaporkan ngadat?

Studi dari SquareTrade akan menjawab pertanyaan ini. Menurut penelitian tersebut, konsol keluaran Microsoft, yakni Xbox 360lah yang menjadi juara dalam urusan kerusakan sistem yang paling sering terjadi.

Dari studi tersebut terungkap, sebanyak satu dari 4 unit Xbox 360 dilaporkan mengalami kegagalam sistem dalam 2 tahun pertamanya.

Angka kejadian ngadat yang dialami Xbox bahkan berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan konsol sejenis. Failure ratenya adalah, 8 kali lebih banyak dibandingkan dengan Nintendo Wii dan 2 kali lipat dibandingkan dengan Sony PlayStation 3.

Dilansir detikINET dari InformationWeek, Minggu (6/9/2009), sebagian besar kerusakan yang terjadi pada PS3 dan Xbox 360 adalah kemampuan membaca disk (disc read erorrs) dan output issues. Sedang pada Wii yakni mengenai power dan remote control.

Untuk laporan kegagalan terbesar yang terjadi pada Xbox 360 adalah E74 error yang ditandai dengan lingkaran merah pada pirantinya. Lingkaran merah ini sering disebut sebagai “red ring of death”. Kerusakan lingkaran merah berakibat pada terkuncinya konsol ini dan muncul pesan error “E74”.

Sadar akan kerusakan semacam ini yang kerap dikeluhkan penggunanya, Microsoft pada April lalu telah memperluas program garansi khusus guna mengcover kegagalan tersebut.

http://www.detikinet.com/read/2009/09/06/104717/1197603/654/konsol-game-apa-yang-paling-rentan-rusak

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 6 September 2009, in Games. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: