Foto ‘Obama Joker’ Bikin Flickr Ubah Kebijakan


Obama joker (Flickr)

Jakarta – Flickr, situs berbagi foto milik Yahoo, telah mengubah kebijakan pencabutan image yang ada di situsnya. Perubahan kebijakan ini menyusul kasus menyangkut foto Obama yang ‘dimake-up’ menjadi Joker.

Seorang mahasiswa berusia 20 tahun bernama Firas Alkhateeb dari Chicago lah yang ‘berperan’ terhadap perubahan besar yang dilakukan Flickr ini. Semuanya bermula saat ia mengupload foto Obama dari cover Time tahun 2006, ke dalam situs itu beberapa waktu lalu, setelah sebelumnya ia utak-atik dulu di Photoshop.

Karena diklaim telah melanggar hak cipta, Flickr mendapat peringatan dari DMCA (Digital Millennium Copyright Act) agar menurunkan foto tersebut.

Flickr kemudian lantas langsung mencabut foto itu. Bukan hanya fotonya, namun keseluruhan halaman yang berarti menghilangkan metadata seperti tanggal postingan, tags dan juga komentar user.

Pelanggaran hak cipta (copyright) ini dikabarkan bukan datang dari majalah Time, DC Comic atau fotografer aslinya. Namun datang dari seorang fotografer freelance bernama Edward Przydzial yang hanya bisa membuktikan klaimnya melalui LiveJournal tertanggal 9 Oktober.

Mengenai pencabutan image, sebelumnya Flickr memberlakukan kebijakan bahwa pencabutan dilakukan jika ada keluhan mengenai pelanggaran hak cipta, namun jika keluhan tidak terbukti maka anggota Flickr yang mengupload foto itu dibolehkan mengupload ulang.

Kini, setelah kasus Obama-Joker, Flickr memutuskan untuk mencabut foto yang ada dengan pesan bertuliskan “This image has been removed due to a claim of copyright infringement”. Padahal, background dari Przydzial yang mengklaim pelanggaran itu sebenarnya masih dipertanyakan.

“Kamu bisa saja menyukai atau membenci DMCA. Ini memang tidak sempurna, tapi ini adalah bagian dari proses yang turun dari pemerintah,” ujar Heather Champ, director of community Flickr seperti yang detikINET kutip dari LAtimes, Jumat (4/9/2009).

Di luar foto milik Firas Alkhateeb yang telah dihapus, foto-foto serupa yang menampilkan Obama Joker plus tambahan kata socialism ternyata masih beredar luas di Flickr dengan pengupload-pengupload yang berbeda. ( sha / faw )

http://www.detikinet.com/read/2009/09/04/114200/1196591/398/foto-obama-joker-bikin-flickr-ubah-kebijakan

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 4 September 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: