Lenovo C300, Ringkas dan Murah


Lenovo C300 (Lenovo)

Jakarta – Mengikuti jejak para kompetitornya, Lenovo kini memperkenalkan all-in-one desktop PC terbarunya berbasis Intel Atom yang bernama C300. Seri ini merupakan suksesor seri sebelumnya yakni A600, yang harganya jauh lebih mahal yakni di atas US$1.000. Untuk seri C300 ini Lenovo membanderolnya kurang dari US$600.

Desktop ini memiliki optical drive di sisi samping kanan atas, yang menunjukkan sisi ‘rapi’ dari C300. Dengan ukuran layar sebesar 20 inchi, desktop ini dapat menampilkan resolusi sampai dengan 1600×900. Ini merupakan suatu hal yang menarik mengingat layar sebesar 20 inchi, namun dibanderol dengan harga relatif murah.

Jeroan

Lenovo C300 ini dibekali dengan Intel Atom 1,6 Ghz, serta Intel 945GC chipset, yang irit listrik. Alhasil desktop bermotif kontemporer ini pun cocok digunakan bagi kalangan mahasiswa ataupun sebagai media hiburan di rumah bagi anggota keluarga.

Dengan ukuran layar yang hanya sebesar 20 inchi, Lenovo C300 dapat menampilkan resolusi sampai dengan 1600×900. Kartu grafis yang dimilikinya pun berjenis onboard tapi menggunakan kartu grafis add-on Radeon HD 4530 Mobility. Dalam pengujian, terbukti jeroan desktop ini cukup nyaman untuk menikmati film berkualitas HD.

Walau sound desktop ini terkesan sangat standar, namun saat detikINET mencoba memutar film berkualitas HD, tidak ada kendala apapun hingga film berakhir.

Desktop murah besutan Lenovo ini juga dilengkapi dengan WiFi sebagai pelengkap ethernet. Sementara untuk koneksi ke media dan peripheral lain dilengkapi dengan 6 buah port USB, satu port firewire dan pembaca multicard 6 in one. Dengan port firwire ini, desktop ini pun cukup jika digunakan untuk sekadar mengedit video ala-kadarnya.

Nampaknya Lenovo benar-benar membuat arti kata All-In-One terwujud. Pasalnya semua kegunaan multimedia ringan sudah tercakup di dalam Lenovo C300 ini.

Desain

Untuk desain, Lenovo C300 memiliki bentuk yang sangat rapi. Terbuat dari bahan plastik dengan design kontemporer di bagian bawah seakan membuat kesan ‘nuansa kontemporer’ tersendiri saat digunakan.

Berbalut warna hitam, desktop ini memliki 4 tombol di sisi kanan bawah. 2 tombol untuk mengatur ketajaman monitor, 1 tombol untuk mematikan monitor dan 1 lagi adalah tombol power.

2 tombol untuk mengatur ketajaman monitor adalah sebuah nilai plus bagi desktop ini. Namun patut disayangkan bahwa ternyata pengaturan tombol volume suara tak ditemukan di seluruh sisi desktop ini. Alhasil pengaturan hanya dapat dilakukan melalui volume control dalam Windows. Sedikit repot memang.

Dari sisi penggunaan keyboard, pengguna yang berjari besar nampaknya akan kurang nyaman untuk menghentakkan jemarinya di keyboard yang terkesan mungil dan tipis ini.

Di sisi lain, dudukan Lenovo C300 ini bisa dilipat dari posisi 12 derajat hingga 40 derajat. Alhasil desktop yang memiliki ketebalan 5,5cm ini bisa ditempatkan di sudut dan celah yang sempit.

Performa

Dengan dukungan Intel Atom Processor Dual Core yang terkenal dengan Low Voltagenya, tanpa mengurangi performa dalam kinerjanya, desktop ini merupakan suatu pilihan menarik bagi konsumen yang mendambakan desktop murah namun irit. Dengan webcam sebesar 1,3 MP serta internal mic di bagian atas desktop-walaupun standar- akan membuat pengguna yang gemar melakukan Voip ataupun berkomunikasi via webcam betah berlama-lama di depan komputer.

Seperti telah disinggung di atas, performa grafis ATI Mobility Radeon HD 4530 dengan tipe memori DDR2 sebesar 128Bit akan sangat mendukung berbagai aplikasi multimedia kelas menengah. Seperti memutar film HD, mengedit foto ataupun video ala-kadarnya.

Kesimpulannya, Lenovo C300 ini merupakan jajaran desktop All-In-One yang akan mensupport kebutuhan multimedia penggunanya. Desktop murah nan irit ini sepertinya cocok bagi pengguna yang memiliki kehidupan yang tertata rapi, serapi dan seringkas Lenovo C300.

Kelebihan:
+ Harganya murah
+ Ringkas dan Rapi
+ Memiliki banyak port, termasuk firewire

Kekurangan:
– Tidak ada tombol volume
– Speaker standar ( fw / eno )

http://www.detikinet.com/read/2009/09/03/145143/1195929/406/lenovo-c300-ringkas-dan-murah

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 3 September 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: