Jurus Melawan Aksi Pencurian Online


Ilustrasi (Ist.)

Jakarta – Seiring perkembangan teknologi, khususnya internet, tindak kejahatan di dunia maya pun kian merajalela. Salah satu tindak kejahatan cyber yang harus kita waspadai adalah aksi phishing (pencurian data identitas pribadi).

Modus yang sering dilakukan oleh para phisher — istilah untuk orang yang melakukan phishing — adalah dengan mengirim email yang seolah-olah berasal dari sebuah perusahaan resmi. Tujuannya untuk memancing user agar memberikan informasi pribadi yang kemudian digunakan untuk mencuri identitas.

Para phisher memang seolah tak pernah kehabisan akal untuk melancarkan aksinya. Berbagai sarana digunakan untuk memuluskan usaha mereka mencuri informasi, termasuk melalui pop-up windows, URL yang tampak seperti alamat situs resmi, dan sebagainya.

Berikut beberapa tips Symantec untuk membentengi diri dari tindak pencurian di dunia maya:

-. Waspadalah dengan email-email yang meminta informasi rahasia, apalagi jika mengatasnamakan perusahaan finansial, karena pada umumnya perusahaan-perusahaan resmi tidak akan pernah meminta informasi rahasia melalui email.

-. Jangan memberikan informasi penting saat merasa tertekan, karena biasanya phisher sering menggunakan taktik menggertak atau mengancam calon korban. Misalnya mereka mengancam akan menonaktifkan sebuah akun atau menunda layanan sampai akhirnya Anda merasa terpojok dan memberikan informasi tertentu. Lebih baik Anda menghubungi langsung penjualnya untuk memastikan otentisitas permintaan mereka tentang suatu informasi.

-. Kenalilah aturan privasi suatu situs.

-. Email penipuan biasanya tidak bersifat personal (khusus), sementara email resmi dari suatu bank biasanya mencantumkan akun Anda yang terdaftar di perusahaan mereka.

-. Hindari mengisi informasi rahasia dalam sebuah form yang disertakan dalam sebuah email

-. Jangan langsung mengklik link yang tercantum di email untuk membuka sebuah situs. Lebih baik buka sebuah jendela browser baru dan ketik URL di address bar.

-. Pergunakan software terpercaya untuk menangkal aksi phishing. Norton Internet Security dapat menjadi salah satu pilihan, karena software ini secara otomatis akan mendeteksi dan memblokir situs-situs palsu. Selain itu, Norton Internet Security juga dapat mengidentifikasi otentisitas situs-situs bank dan perbelanjaan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, niscaya Anda dapat terhindar dari aksi phishing.

Penulis, Effendy Ibrahim, adalah Norton Business Lead untuk wilayah Asia Selatan.

http://www.detikinet.com/read/2009/09/02/111835/1194555/323/jurus-melawan-aksi-pencurian-online

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 2 September 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: