Spa Milik Raikkonen Lagi


Reuters

Spa – Sirkuit Spa Francorchamps menjadi milik Kimi Raikkonen lagi. Usai menang di tahun 2004, 2005 dan 2007, The Iceman kembali berhasil meraihnya lagi di GP Belgia tahun ini.

Dengan kemenangan hari Minggu (30/8/2009) malam WIB, berarti hanya kemenangan Felipe Massa pada 2008 yang menyelingi kedigdayaannya — tahun 2006 GP Belgia absen dari kalender F1. Kemenangannya ini sekaligus menjadi yang perdana untuk Raikkonen sejak GP Spanyol, April 2008.

Catatan lainnya, ini adalah kemenangan perdana Ferrari untuk musim 2009. Wajar kalau kemudian kru Ferrari terlihat bersemangat menyanyikan lagu kebangsaan Italia ketika Raikkonen berada di podium tertinggi.

Jalannya Balapan

Start dimulai, Giancarlo Fisichella berhasil memempertahankan posisinya sebagai pemegang posisi pertama. Berada di belakangnya adalah pembalap Toyota, Jarno Trulli. Namun posisi dua yang diduduki Trulli tak bertahan lama.

Melesat dari posisi enam, Kimi Raikkonen mencecar posisi Trulli. Pembalap Ferrari ini pun mampu melewati lawannya itu dan akhirnya menempati urutan dua. Posisi Trulli pun merosot ke posisi tiga.

Belum sampai satu lap, kecelakaan pun terjadi. Tak tanggung-tanggung empat pembalap sekaligus langsung out; Jenson Button, Lewis Hamilton, Jaime Alguersuari dan Romain Grosjean. Mobil ketiganya saling bersenggolan di sebuah tikungan dan akhirnya tak mampu melanjutkan lomba.

Akibat dari kecelakaan tersebut, safety car pun masuk ke dalam lintasan. Posisi lima besar setelah satu lap adalah Fisichella, Raikkonen, Robert Kubica, Nick Heidfeld dan Trulli.

Safety car hanya bertahan selama empat lap. Selepasnya, Raikkonen memacu mobilnya untuk melewati Fisichella dan meraih posisi terdepan. Sementara Trulli yang akhirnya harus masuk pit, melorot ke posisi 14.

Sebelas lap berlalu, Raikkonen berhasil mempertahankan keunggulannya atas Fisichella. Pembalap asal Finlandia itu unggul sampai dua detik atas saingan terdekatnya tersebut. Sementara di belakang Fisichella, ada Kubica yang terpaut 1,7 detik.

Lap 14 Raikkonen dan Fisichella berbarengan masuk ke dalam pit. Membiarkan posisi terdepan diambil-alih oleh Nico Rosberg. Namun Raikkonen dan Fisichella tak butuh waktu lama untuk kembali ke tiga urutan terdepan, setelah beberapa pembalap lainnya satu per satu masuk pit.

Posisi lima besar setelah 17 lap: Rosberg, Raikkonen, Fisichella, Fernando Alonso dan Kubica. Rosberg sampai pada lap ini belum sekalipun melakukan pit stop.

Dua lap berselang, Rosberg akhirnya masuk ke dalam pit dan Raikkonen kembali memimpin. Berada di belakangnya adalah Fisichella yang terus memperkecil selisih gap dengan “Manusia Es”. Lap 23, Fisichella hanya tinggal tertinggal 0,7 detik dari Raikkonen.

Satu lap berselang, Alonso masuk ke dalam pit, di mana ia menghabiskan waktu sampai 35 detik. Penyebabnya adalah masalah pada bagian ban kiri depan mobilnya yang sulit untuk diganti. Pembalap asal Spanyol ini kemudian kembali ke pit dua lap kemudian, hanya untuk retired.

Hingga sampai sepuluh lap menjelang akhir balapan, Raikkonen dan Fisichella masih terus bersaing. Kali ini Fisichella kembali berhasil memangkas selisih waktunya dengan Raikkonen, menjadi 0,6 detik.

Raikkonen akhirnya keluar sebagai juaranya dengan Fisichella menjadi runner-up. Di belakang mereka finis berturut-turut Vettel, Kubica dan Heidfeld.

Hasil Lomba GP Belgia

1. Raikkonen Ferrari (B) 1h23:50.995
2. Fisichella Force India-Mercedes (B) + 0.939
3. Vettel Red Bull-Renault (B) + 3.875
4. Kubica BMW Sauber (B) + 9.966
5. Heidfeld BMW Sauber (B) + 11.276
6. Kovalainen McLaren-Mercedes (B) + 32.763
7. Barrichello Brawn-Mercedes (B) + 35.461
8. Rosberg Williams-Toyota (B) + 36.208
9. Webber Red Bull-Renault (B) + 36.959
10. Glock Toyota (B) + 41.490
11. Sutil Force India-Mercedes (B) + 42.636
12. Buemi Toro Rosso-Ferrari (B) + 46.106
13. Nakajima Williams-Toyota (B) + 54.241
14. Badoer Ferrari (B) + 1:38.177

Tak Finis

Alonso Renault (B)
Trulli Toyota (B)
Button Brawn-Mercedes (B)
Grosjean Renault (B)
Hamilton McLaren-Mercedes (B)
Alguersuari Toro Rosso-Ferrari (B) ( roz / arp )

http://www.detiksport.com/read/2009/08/30/205912/1192663/80/spa-milik-raikkonen-lagi

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 31 August 2009, in Formula 1, Sports. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: