"Twitter Effect" Jaminan Box Office Masa Kini


Twitter (Ist)

Jakarta – Ada istilah baru yang kini sedang melanda Hollywood, yakni ‘Twitter Effect’. ‘Twitter Effect’ dengan kekuatan yang dimilikinya kini dipercaya sebagai jaminan masuk box office yang dibuktikan dengan film yang dimainkan Brad Pitt, Inglorious Basterds. Seperti apa efek tersebut?

Pekan ini, film besutan sutradara kelas wahid Quentin Tarantino, Inglorious Baterds berhasil menduduki puncak box office, mengalahkan District 9. Dan hal ini dipercaya tak lepas dari kekuatan situs mikroblogging Twitter dengan “Twitter Effect”nya.

“Twitter Effect” ini bekerja dengan kemampuannya menyebarkan informasi terkini yang mendunia lewat jutaan penggunanya, sehingga mampu ‘menghipnotis’ pengguna lain.

Beberapa pihak diuntungkan dengan hal ini, tak terkecuali dari pihak perfilman Hollywood. Kesuksesan Inglorious Basterds adalah film pertama yang membuktikan kekuatan efek Twitter tersebut.

Hal ini merujuk pada analisa yang dilakukan oleh analystic provider Crimson Hexagon pada percakapan di Twitter selama pekan pembukaan film perang itu.

Lewat pelacakan melalui platformnya, mereka mengkategorikan dan menganalisa lebih dari 4.500 tweet antara tanggal 21-23 Agustus. Kategorinya berdasarkan konten: Loved It, Pitt was Great, Vintage Tarantino, Not Tarantino’s Best, Unimpressed, Have to See it, Should I see it?, and What did you think?

Dari informasi yang dilansir detikINET dari Mashable, Rabu (26/8/2009) hasil analisa di atas adalah, 78% dari keseluruhan tweet telah melemparkan respon positif, yang berarti mereka dengan baik menerima film itu.

Oleh karena itu, tidak sulit untuk dipercaya jika pengguna Twitter lain turut terpengaruh pergi menonton Basterds, dengan banyaknya respon yang mereka baca tersebut.

Dan hasil akhirnya, iapun berandil dalam mendorong penjualan tiket Basterds hingga mampu menjadikannya raja box office hanya di minggu pembukaannya. Tentu saja, ini di luar unsur-unsur yang dimiliki film itu sendiri.

Seorang reporter hiburan Risky Biz Blog di Hollywood bahkan mendeklarasikan bahwa film ini adalah “Twitter Age’s first true success story”. ( sha / faw )

http://www.detikinet.com/read/2009/08/26/152103/1190141/398/twitter-effect-jaminan-box-office-masa-kini

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 26 August 2009, in Technology. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: