Jelang Liga Spanyol 2009/10 Predator-predator Berburu El Pichichi


Liga Spanyol kali ini akan diwarnai dengan duel sengit para predator kelas dunia. Aktivitas transfer Barcelona dan Real Madrid di jeda transfer ini membuat konstelasi bursa top skor musim 2009/10 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Musim lalu Diego Forlan meraih penghargaan El Pichichi alias top skorer dengan torehan 32 golnya. Penyerang Atletico Madrid ini unggul dua dan empat angka dari dua penyerang beken, Samuel Eto’o dan David Villa yang berada di belakangnya.

Forlan memang mampu tampil konsisten di sepanjang gelaran Liga Spanyol musim lalu. Mantan pemain Manchester United ini berhasil membuktikan ketajamannya sekalipun tidak bermain di klub unggulan.

Namun hal itu tidak membuat nama Forlan difavoritkan untuk dapat menjadi top skor di musim ini. Berdasar pengamatan detiksport, pada dua bandar besar taruhan
di dunia, William Hill dan Euro Bet Selasa (25/8/09), pemain asal Uruguay ini hanya berada di peringkat enam. Mengapa seorang top skor musim lalu bisa tidak begitu dijagokan?

Adalah aktivitas dua raksasa, Barcelona dan Madrid di musim panas ini yang menjadi penyebabnya. Los Blancos menggelontorkan banyak uang untuk mendatangkan megabintang yang bertipe menyerang macam Cristiano Ronaldo, Kaka dan Karim Benzema. Sementara di kubu rival bebuyutan Barca, melakukan tukar guling Eto’o dengan Zlatan Ibrahimovic.

Kedatangan nama-nama baru itu membuat aktor-aktor lama yang biasa menghuni daftar favorit El Pichichi tergeser. Hal itu dikarenakan setiap dari mereka telah terbukti berjaya di liga-nya masing-masing pada periode sebelumnya.

Dan yang menarik di sini adalah, dari sejumlah nama penyerang top yang akan beradu ketajaman di La Liga musim ini, pemain yang paling difavoritkan untuk dapat memenangi gelar El Pichichi bukan berposisi asli sebagai penyerang, melainkan gelandang.

Dialah Ronaldo. Meski berposisi asli sebagai pemain sayap, pemain internasional Portugal ini cukup piawai berperan sebagai pemain depan. Ia memiliki skill olah bola yang mumpuni, cerdik mengambil bola mati plus jago dalam duel udara. Hal itu membuatnya memiliki kemampuan cukup lengkap untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Ronaldo membuktikannya kala berhasil mencetak 42 gol di musim 2007/08. Prestasi itu mengantarkannya menyabet penghargaan Ballon d’Or dan Pemain Terbaik Dunia pada tahun yang sama.

Di tempat kedua terdapat Villa. Pemain yang masih setia mengenakan seragam Valencia ini memang relatif tampil konsiten dan selama empat musim berturut-turut menjadi top skor timnya.

Selanjutnya ada nama Benzema. Pemain yang dua kali menjadi top skor Liga Prancis di musim 2007/08 ini memang hampir pasti mendapatkan satu tempat di posisi inti menyusul dijualnya Klas Jan Huntelaar ke AC Milan.

Di belakang Benzemaada duo Barcelona, Lionel Messi dan Ibrahimovic. Ibra sedikit diunggulkan dibanding Messi lantaran posisinya sebagai penyerang tengah, posisi yang membuatnya memiliki peluang lebih besar untuk mencetak gol dibanding Messi yang berada di sisi kanan.

Berikut Daftar Koefisien Top Skorer

Euro Bet :

C.Ronaldo: 6,50
D.Villa: 7,50
K.Benzema: 8,00
Z.Ibrahimovic: 8,00
L.Messi: 9,00
D.Forlan: 11,00
L.Fabiano: 13,00
T.Henry: 15,00
Kaka: 17,00
S.Aguero: 17,00

William Hill

Cristiano Ronaldo: 11/2
David Villa: 11/2
Karim Benzema: 6/1
Lionel Messi: 7/1
Zlatan Ibrahimovic: 7/1
Diego Forlan: 10/1
Sergio Aguero: 14/1
Kaka: 16/1
Freddie Kanoute: 16/1
Thierry Henry: 16/1
( roz / din )

http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2009/08/25/182221/1189576/75/predator-predator-berburu-el-pichichi

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 25 August 2009, in Football, Sports. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: