Kepergok Mau Mencuri, Seorang Lelaki Tewas Dibakar Massa


Sadis! Mungkin kata itu yang tepat diungkapkan kepada sejumlah warga di Desa Betung II, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan. Bagaimana tidak, pada Jumat (14/08/2009) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, mereka membunuh seorang lelaki yang diduga pencuri dengan cara menyiksa dan membakarnya.

Informasi yang didapatkan detikcom, sebelum kejadian itu masyarakat di desa itu mencurigai lima orang yang mengunakan 2 sepeda motor jenis Honda YT dan Yamaha F1 yang akan menyatroni rumah Zulkarnain yang terletak di Dusun II Desa Betung II Kecamatan Lubuk Keliat, Kamis (13/08/2009) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Kelima orang itu dengan satu motor berbonceng dua dan motor satunya berbonceng tiga.

Warga Desa Betung yang sudah gerah dengan maraknya aksi pencurian di desanya mengadakan pengintaian terhadap pencuri yang masuk ke desanya. Saat kelima orang itu akan membongkar rumah Zulkarnain, warga melakukan pengepungan. Tentu saja aksi itu membuat mereka tunggang langggang menyelamatkan diri dengan mengendarai motor mereka perisiapkan.

Apesnya satu penumpang di motor yang berbonceng tiga dan duduk di belakang sekali terjatuh saat terjadi kejar-kejaran antara warga dengan kawanan pencuri. Dia langsung dihajar massa menggunakan benda tumpul dan senjata tajam. Kemarahan warga tak berhenti meskipun si lelaki sudah mohon ampun.

Warga yang sudah jengkel atas seringnya terjadi aksi pencurian di desanya tidak menyerahkannya ke polisi. Lelaki yang sudah tidak berdaya itu diikat menggunakan tali pada kaki dan tangannya, lalu diseret ke kebun karet di desa tersebut.

Setelah berada dikebun karet tersebut, masyarakat sudah mempersiapkan tumpukan kayu bakar dengan disiram bensin. Saat api sudah menyala lelaki malang itu langsung dibakar. Hanya dalam hitungan menit, lelaki itu tewas dengan kondisi tubuhnya menghitam dan gosong.

Setelah tewas, warga baru melaporkan kejadian itu ke Polsek Tanjungbatu. Kemudian Kapolsek Tanjungbatu Iptu Supli dan Kasat Reskrim AKP Tri Wahyudi SIk yang menerima laporan langsung meluncur ke lokasi kejadian, dan membawa mayat pelaku ke RSMH Palembang untuk dilakukan visum et refertum.

Sembilan Warga Ditetapkan Tersangka

Setelah melakukan olah TKP, polisi akhirnya menetapkan 9 warga Desa Betung dan sekitarnya sebagai tersangka dan 5 orang diantaranya sudah diamankan di Mapolres Ogan Ilir. Ke lima tersangka yang sedang dimintai keterangan itu, termasuk Kades Betung I Burhan (35), Yadi (32) penjaga sekolah SDN Betung, Pani (26), Abu Sony (27) dan Yadi Febriansyah (25) juga beralamat di Desa Betung.

Kapolres OI melalui Kasat Reskrim AKP Tri Wahyudi didampingi Kanit Buser Ipda Herli SH mengatakan, ke 9 warga yang ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat dalam pengeroyokan itu, sejak dari yang memukul, membacok, dan menyeret tersangka ke kebun karet hingga membakarnya. “Ini baru tersangka awal, karena kemungkinan masih ada tersangka lagi yang membeli bensin dan menyiapkan kayu bakarnya,” ujar Tri Wahyudi.

Selain para tersangka itu, petugas juga menyita barang bukti lainnya berupa tumpukan kayu baker, cangkul, derijen dan pakaian pelaku yang dibakar. Saat ini korban yang dibakar massa itu belum diketahui identitasnya, namun ciri-cirinya berkulit hitam, badan kurus, dengan tinggi badan sekitar 160 centimeter, rambut pendek lurus, memakai baju putih garis-garis dan celana pendek dengan memakai sandal jepit.

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 15 August 2009, in News. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Balik ke zaman jahiliah lagi nyo…

  2. Erik Eka Putra

    iya cung maennya bakar2an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: