Rupiah Melaju ke 9.860

Nilai tukar rupiah belum terhenti. Investor masih memilih untuk tidak memegang dolar, dan mencari mata uang yang berisiko tinggi namun memberikan imbal hasil besar sejalan dengan membaiknya kondisi pasar finansial.

Pada perdagangan Selasa (4/8/2009), rupiah ditutup pada level 9.860 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya di level 9.910 per dolar AS.

Ekonom BII, Samuel Ringoringo mengatakan, berlanjutnya penguatan IHSG dan kenaikan harga obligasi menjadi salah satu pemicu penguatan rupiah.

“Namun penguatan rupiah terbatas karena ini bukan sekedar aliran modal yang menggerakkan IHSG dan obligasi pemerintah, namun pengalihan aliran modal dari instrumen pasar uang seperti SBI,” ujarnya dalam analisis pasarnya.

Sementara di pasar Asia, euro kembali melemah setelah kemarin menguat tajam. Investor melakukan ambil untung setelah penguatan euro menguat tajam pada perdagangan di New York kemarin.

Euro melemah ke level 1,4382 dolar, dibandingkan sebelumnya di level 1,4411 dolar yang merupakan level tertinggi sejak Desember 2008. Euro juga melemah ke 136,89 yen, dari sebelumnya di level 137,29 yen. Dolar AS juga melemah ke 95,18 yen, dari sebelumnya di 95,23 yen.

Setelah keluarnya data manufaktur, investor kini cukup berhati-hati untuk menungggu sejumlah data laporan ekonomi AS lainnya.

“Dengan banyaknya data indikator ekonomi AS pada pekan ini, ada sedikit kekhawatiran seputar kejutan yang negatif. Jadi beberapa pemain berpikir euro mengalami aksi beli yang sedikit lebih banyak sebelumnya,” ujar seorang pialang valas, seperti dikutip dari AFP.

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 4 August 2009, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: