Mbah Surip, Dari Ngamen Hingga Kantongi Miliaran Rupiah

Kepopuleran Mbah Surip bisa dibilang tidak instant. Pemilik nama asli Urip Ariyanto itu mengawali karirnya sebagai pengamen jalanan. Setelah 20 tahun berkiprah sebagai musisi, akhirnya Mbah sukses meraup miliaran rupiah.

Pada 1989, Mbah Surip mulai hidup di jalanan Bulungan, Blok M, Jakarta Selatan. Bahkan, saat itu pelantun ‘Tak Gendong’ tak segan-segan menggelar koran di emperan toko untuk tidur.

‘Tak Gendong’ sebetulnya bukan lagu baru, Mbah Surip merilis lagu itu pada 2003 lalu. Bahkan Mbah Surip juga sudah merilis beberapa album indipendent. Di antaranya ‘Ijo Royo-royo’, ‘Indonesia’, ‘Barang Baru’ dan ‘Reformasi’. Mbah pun menjajakan album-album itu di warung dan WC umum di sekitar terminal Blok M.

Soal rambut gimbalnya, Mbah Surip mengaku terinspirasi dari penyanyi Tony Rastafara. Tony adalah musisi reggae yang juga sempat malang-melintang di bilangan Bulungan.

Hingga akhirnya pada 2008, Falcon Record mengontrak Mbah Surip. Setelah melewati beberapa proses pemilihan lagu, Falcon pun merilis single ‘Tak Gendong’ pada April 2009.

‘Tak Gendong’ pun meraih sukses besar. Beberapa waktu lalu, Mbah Surip sempat mengaku mendapat Rp 4,5 Miliar dari penjualan RBT lagu tersebut. Dengan pendapatannya itu, Mbah Surip berniat untuk membeli sebuah helikopter.

Sayang, penyanyi eksentrik itu tak sempat membeli helikopter impiannya. Mbah Surip menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (4/8/2009).

sumber: detik.com

About Kureka

http://www.keymochi.com

Posted on 4 August 2009, in Entertainment and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: